Selalu ada harapan bagi mereka yang berdoa. Dan selalu ada jalan bagi mereka yang berusaha

Sabtu, 24 Maret 2012

Tuhan Tahu Apa Yang Kita Butuhkan


Pernahkah anda merasakan bahwa dunia ini tidak adil? Ketika suatu usaha yang dilakukan dan kita pikiran tidak terwujud sesuai harapan, bahkan terkadang berbalik arah menjadi suatu sebuah ketidak beruntungan bagi diri kita. Ketika hal itu terjadi, lalu hal apa yang  anda lakukan?

Dengarkanlah wahai teman, sesungguhnya tidak ada yang sia-sia di dalam kehidupan. Jika kita bisa memanfaatkan segala isi yang terkandung di dunia ini dan dapat memaknai segala kejadian dengan sempurna, kemudian menerimanya sebagai kebaikan untuk jalan kita, pastilah kita akan merasakan indahnya ketenangan jiwa. Suatu ketika adakalanya kerja keras dan usaha itu tidak terwujud nyata, tetapi tidak selamanya  hal itu merupakan ketidak beruntungan untuk diri kita. Semua yang Tuhan berikan itu adalah kasih sayang yang nyata, yang membawa kebaikan bagi kehidupan kita. Mungkin adakalanya kita menangis dan merasa lelah ketika diberi segudang ujian yang nyata dan tersa berat dipundak kita, kehidupan yang terasa sulit dalam menggapai harapan dan cita. Tidak banyak dari kita yang terlalu gampang menyerah dengan kondisi yang ada. Karena keimanan yang lemah, membuatnya putus asa. 

Ketahuilah wahai saudara, hidup ini hanyalah permainan semata, sandiwara dunia yang penuh dengan segala likunya. Banyak orang yang tak mengerti bagaimana cara menghadapinya, sehingga banyak dari mereka yang terlempar ke luar arena menuju ke segala cara untuk mendapatkan solusi atas segala permasalahannya. Ingatlah, bahwa Allah ada dan melihat kita!! Jangan pernah merasa bahwa apa yang ada merupakan asa yang sia-sia, terlebih jika usaha dan cita itu berbalik arah menjadi sesuatu yang tidak sesuai dengan kemauan dan harapan kita. Ketahuilah, manusia itu hamba paling mulia disisi Tuhan-Nya dan paling sempurna dari makhluk lainnya.  Sejak kita di lahirkan Allah telah memberi kita segudang kesuksesan, masih ingatkah bagaimana kerasnya tangisan kita ketika pertama kali kita hadir di dunia? Dan juga kemudian masih ingatkah bagaimana dahulu ketika kita belajar untuk merangkak, berdiri, berjalan, dan kemudian berlari?? Ketika itu berapa banyak kita terjatuh hanya demi tercapainya impian tersebut. Ketika itu tak ada sedikitpun kata menyerah dan keluh kesah dari mulut kita, apalagi rasa marah ketika kita berkali-kali terjatuh. Akan tetapi, apa yang terjadi sekarang? terkadang kita seringkali berkeluh kesah, entah berapa banyak rasa syukur yang terkadang sering terlupakan, bahkan tak jarang tanpa tersadarkan kita sering mengumpat Tuhan atas hasil yang tak sesuai harapan.

Bijakkah kita berlaku demikian? tentu tidak bukan...coba kita pikir dan renungkan, berapa banyak nikmat yang Tuhan berikan, jika dibandingkan dengan permasalahan, kegagalan, dan kekecewaan yang dihadapkan? Tuhan itu memberikan apa yang selalu kita butuhkan bukan apa yang kita harapkan. Maka janganlah pernah kita menyalahkan jika ada ketidak sesuaian atas hasil yang kita dapatkan, Tuhan itu telah menyiapkan banyak kesuksesan dan rezeki yang berkelimpahan. Ketika hasil tak sesuai harapan, kepedihan dan kesulitan membentang, bukanlah Tuhan tidak sayang, apalagi jika dikatakan dunia tidak mempunyai keadilan. Segala kebaikan Tuhan berikan, dengan jalan yang tak semua orang paham. Berpikirlah dimana letak ketidak adilan Tuhan?? Jika itu yang terjadi sekarang. Jangan pernah menjadi orang yang kerdil pemikiran lantaran impian dan usaha yang tak sesuai harapan. Yakin dan teruslah berjalan bahwa masih banyak tersimpan jalan kemudahan untuk menggapai impian dan menyelesaikan segala permasalahan. Koreksi diri dan perbaiki kesalahan, tetap di jalan yang Tuhan inginkan karena DIA lebih tahu apa yang hambanya butuhkan.

2 komentar:

  1. iya setuju banget sama perkataannya mba evi....
    jangan menyerah dan mudah putus asa, pasti jika waktunya tiba Tuhan akan mengabulkannya

    BalasHapus
  2. nice article mbaaaaaa....
    nuhun pisan atas petuahna, di tunggu yg selanjutnya.

    BalasHapus