Selalu ada harapan bagi mereka yang berdoa. Dan selalu ada jalan bagi mereka yang berusaha

Senin, 07 Oktober 2013

Ujian Dan Kedudukan



Diantara tuntutan kehidupan dunia yang melelahkan, salah satunya adalah kedudukan. Ibnu wardi mengatakan, “berat beban karena kedudukan telah melemahkan kesabaranku”. Itu artinya bahwa konsekuensi dari sebuah kedudukan itu sangatlah mahal. Bahkan kedudukan dapat menurunkan kesehatan. Karena bertambahnya beban yang harus kita dipikul. Seorang yang saleh pernah berkata kepada anaknya, “Janganlah engkau menjadi kepala (pemimpin) sebab kepala banyak menahan rasa nyeri.” Maksud ucapan di atas adalah bahwa jangan terlalu senang menonjolkan diri dan ingin menjadi pemimpin. Mengapa? Sebab sasaran kritik, umpatan, dan serangan-serangan lainnya tak lain hanyalah kepada orang-orang yang berada di barisan paling depan.

Ketahuilah, bahwa beban berat atau suatu ujian itu bukan hanya pada masalah yang tidak kita sukai saja. Bahkan, suatu yang kita sukaipun seperti menjadi pemimpin dan mempunyai harta yang banyak itupun merupakan ujian yang teramat sangat berat.  Tidak jarang, sebuah kedudukan itu lebih berat dari sekedar kekurangan harta dan kemiskinan. Karena semakin tinggi kedudukan seseorang, maka akan semakin tinggi pula beban yang akan dipikulnya. Sayyidina Umar ra pernah berkata, “Aku lebih suka diberikan suatu musibah dan ujian kemudian aku bersabar daripada aku diberi kekayaan dan tidak mampu bersyukur. Sebab bagaiku, sikap bersyukur lebih berat dilaksanakan daripada sikap bersabar.”

Apa yang Umar ra katakan sangatlah benar. Bersabar di saat kita mendapat musibah itu lebih mudah dilaksanakan daripada bersyukur di saat kita mendapat kenikmatan. Karena di saat kita mendapat musibah, orang bisa ingat kepada Allah. Namun ketika Allah mengujinya dengan suatu kenikmatan atau bahkan kedudukan, jarang sekali dari sebagian kita yang mengingat Allah. Justru kenikmatan-kenikmatan itu melalaikan kita untuk bersyukur, dan menjadikan kita kepada cinta dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar