Selalu ada harapan bagi mereka yang berdoa. Dan selalu ada jalan bagi mereka yang berusaha

Minggu, 15 September 2013

Belajarlah Dari Kupu-kupu

Siapa yang tidak kenal kupu-kupu? Makhluk kecil yang memiliki sayap dengan aneka jenis warna yang penuh dengan keindahan. Yang dapat membuat sebuah bunga menjadi semakin indah di pandang mata dengan kehadirannya. Tapi tahukah anda bagaimana seekor kupu-kupu memulai perjalanannya hingga sampai pada akhir kesuksesannya? Tentunya kita semua tahu darimana asal mula kupu-kupu, bagaimana ia bermetamorfosis, dan berjuang dalam mendaki perjalanan hidupnya.

Kita semua tahu kupu-kupu tidak langsung memiliki sayap dengan corak yang indah dan warna yang beraneka  merah, hitam, kuning, dan sebagainya. Kupu-kupu juga tidak langsung menjadi binatang cantik yang menawan dan menjadikan bunga yang dihinggapinya terlihat lebih indah. Lagi-lagi kita tahu bahwa seekor kupu-kupu mengawali perjalanannya dari seekor ulat, yang tak semua orang menyukainya. Kemudian dari seekor ulat itu, kupu-kupu berubah menjadi sebuah kepompong yang tak jarang pula orang yang menghiraukannya dan itu untuk waktu yang tidak sebentar. Tentunya kita semua sudah tahu seperti apa bentuk kepompong? tidak perlu diuraikan panjang lebar saya yakin anda bisa mendefinisikan dan mebayangkannya sendiri, dan pastinya kita semua sudah tahu bahwa tidak ada kempompong yang cantik dan indah bukan?

Begitulah perjalanan singkat seekor kupu-kupu yang sangat memikat, yang pada akhirnya kemudian sampailah ia pada kesuksesannya menjadi seekor kupu-kupu yang menawan dengan sayap beraneka warna yang penuh dengan segala keindahannya. Dan jika kita mau mencermati, sungguh sangat menakjubkan sekali perjuangan seekor kupu-kupu tersebut dalam meraih impiannya. Selama dalam perjalanan panjangnya tersebut, ternyata tidak pernah kupu-kupu protes dan menangis? Mengeluh bahkan putus asa?? Kupu-kupu tidak pernah merasa sedih karena lantaran jalan yang diciptakan untuknya dari seekor ulat dan kepompong. Bahkan ia tidak pernah merasa kecewa dan kesal, tidak pernah pula ia merasa sial dengan jalan yang Allah berikan, meskipun tak banyak yang memperdulikan karena perjalanannya yang berawal dari seekor ulat dan kepompong, yang menurut sebagai orang menjijikkan. Kupu-kupu tetap menerima jalan yang Allah berikan sekalipun jalan itu tidak mengenakkan, karena kupu-kupu yakin bahwa di penghujung perjalanan yang tidak mengenakkan tadi akan ada kesuksesan, keindahan, dan kebahagian. Belajarlah dari pengalaman, lihatlah sesuatu yang tidak mengenakkan itu dari sudut kebaikan. Lihatlah bagaimana kupu-kupu bisa bertahan di atas ketetapan Tuhan. Karena begitulah kehidupan, hanya Allah yang memiliki ketentuan. Allah punya suatu alasan dengan segala pertimbangan atas segala ujian, kesedihan, dan kegagalan yang diberikan.

"Lantas bagaimanakah dengan kita??........"seekor kupu-kupu saja mampu bertahan di dalam perjalanannya demi sebuah perbaikan, mampu bersabar dalam mengarungi segala macam ujian dan tahapan yang Allah berikan. Lantas mengapa kita yang diberikan akal dan pikiran terkadang bersedih berlarut-larut dan tak jarang berada diambang keputus asaan hanya karena satu ketetapan, sementara Allah telah menyiapkan kita seribu jalan kebaikan. Ingatlah bahwa Allah Maha Mengetahui sementara kita tidak mengetahui. Hanya Allah yang memiliki kekuasaan di dalam setiap aspek kehidupan. Dan lihatlah kegagalan itu dari sisi yang menggembirakan, dan membawa harapan. Jadikanlah setiap ujian sebagai jalan kebaikan.

1 komentar:

  1. Mba, kena banget intisarinya...jadi semakin kagum sama kupu-kupu. Tulisan yang lain keluarin aja semua

    BalasHapus