Selalu ada harapan bagi mereka yang berdoa. Dan selalu ada jalan bagi mereka yang berusaha

Kamis, 22 Agustus 2013

Yakinlah, Bersama Kesulitan Pasti Ada Kemudahan

Tidak ada masalah yang tidak ada jalan keluar, tidak ada ujian yang bersifat kekal. Masih banyak jalan untuk memulai suatu kehidupan, masih ada sejuta harapan untuk mencapai segala impian. Allah telah mempersiapkan penyelesaian disetiap permasalahan untuk bisa kita manfaatkan, tidak hanya pada satu persoalan, dan tidak hanya pada satu tujuan. Tinggal bagaimana kita mengikhtiarkan,dan  seberapa besar kita mampu bersabar. Allah tidak akan membebani seseorang dari kalian, melainkan sesuai dengan kesanggupan dan kemampuannya.

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, jangan Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sangguo kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkau penolong kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir”.
 (Q.S. Al baqoroh ayat 286).

Allah memberikan kita ujian karena Allah ingin mengetahui sekokoh apa kesabaran dan keimanan kita, Allah menberikan permasalahan dalam kehidupan kita karena Allah yakin kita mampu  menyelesaikannya, Allah memberikan kesulitan karena Allah yakin kita mampu mengatasinya. Yakinlah, Allah tidak akan memberikan ujian di luar batas kemampuan hamba-Nya, Allah tidak akan memberikan cobaan yang dapat menyulitkan kehidupan. Allah memberikan ujian karena Allah yakin kita mampu menyelesaikannya. Bukankah kesuksesan itu ada bersama kegagalan, kebahagiaan itu ada bersama tangisan, dan kegembiraan itu ada bersama dengan kedukaan. Janganlah risau, setelah malam masih ada siang, setelah bulan masih ada matahari, setelah tangisan masih ada senyuman.

“Demikianlah karena Allah (kuasa) memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam, dan sunggh Allah Maha Mendengar, Maha Melihat”.
(Q.S. Al – Hajj :61)

Berdoa dan berusahalah, bermuhasabah untuk melakukan perbaikan diri agar Allah mengangkat segala kesulitan dan memberikan jalan keluar bagi kita sekalian. Sesungguhnya setelah kesulitan itu pasti ada kemudahan, di atas kegagalan itu pasti ada kemenangan, dan di dalam kedukaan itu pasti ada kebahagiaan. Ingatkah kalian dengan kisah Nabi Ibrahim A.S, bagaimana ia melawan kezholiman dan siksaan, bagaimana Allah menolongnya sehingga kobaran api tidak mampu membakar tubuhnya. Hanya karena kesabaran, ketaatan dan keyakinannya kepada Allah yang begitu kuatlah, maka Nabi Ibrahim mampu selamat dari kobaran api yang menyala.

Yakinlah akan segala pertolongan-Nya, bahwa kekuasaan-Nya ada di seluruh penjuru alam raya. Ingatlah bahwa semua tidak akan kekal adanya, apa yang kita rasakan hari ini...kedukaan, kesulitan , kegalauan, dan kegelisahan semua pasti akan tergantikan. Janganlah hanya berfokus pada satu sisi saja, dan janganlah berjalan pada satu tempat saja tetapi ambillah sisi lain yang mampu membawa pada jalan keluar. Ketika satu jalan tertutup janganlah jadikan sebagai hambatan, cobalah berjalan untuk mendapatkan keluasan mengembangkan pikiran.  Ingatlah selalu, bahwa kesuksesan itu tidak hanya ada pada satu sisi kehidupan dan tidak hanya melalui satu jalan. Yakinlah bahwa akan ada kemudahan setelah kesulitan, dan akan ada kesuksesan setelah kegagalan. Dan kita semuanya pasti akan mendapatkan kesuksesan dan kebahagian…insyaallah!! Jadi, mari kita lupakan dan mulailah mengukir kehidupan, buang jauh-jauh yang bernama kedukaan karena kita masih memiliki banyak jalan, memiliki sejuta harapan dan masa depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar